rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Friday 4 May 2012

Mematikan Error Reporting Service Windows XP


Error
Error Reporting Service adalah sebuah fitur dari Windows yang memberikan fasilitas untuk anda untuk mengirimkan laporan kepada Microsoft jika terjadi sebuah kesalahan pada sistem operasi Windows Anda. Interface dari error reporting service ini berupa sebuah jendela yang memberitahu Anda jika sebuah aplikasi mengalami error. Jendela ini menyediakan opsi berupa tombol yang bisa Anda gunakan untuk mengirim laporan kesalahan tadi. Saya rasa Anda pengguna Windows XP sering melihat jendela ini ketika sebuah program yang Anda jalankan mengalami crash atau tertutup secara tiba-tiba. Jendela tersebut memberikan beberapa informasi mengenai penyebab dari kesalahan tadi. Namun, bagi pengguna awam seperti saya, jendela tersebut tidak memberikan gambaran yang jelas mengenai penyebab error tadi. Memang Anda diberikan sebuah tombol yaitu Send Report. Namun, hal ini membutuhkan koneksi internet. Bagi Anda yang mempunyai koneksi Anda bisa saja mengirim laporan kesalahan tadi. Namun, Bagi Anda yang tidak mempunyai koneksi internet, pesan ini tidak banyak membantu. Bahkan Anda anggap mengganggu dan ingin agar jendela ini tidak muncul kembali.
Send Error Report in Windows XP
Bagi Anda yang tidak memerlukan fitur ini, ada sebuah cara untuk mematikan fitur error reporting service pada Windows XP. Dengan beberapa langkah, jendela error reporting service tidak akan muncul kembali di Windows XP Anda. Berikut langakah-langkahnya:
  1. Buka jendela Run dengan mengklik Start >> Run.

  2. Pada kotak input Run ketik “msconfig” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter untuk membuka System Configuration Utility.
  3. Run
  4. Pada jendela System Configuration Utility, klik tab service yang ada bagian atas jendela.

  5. Kemudian pada daftar service yang ada dibawahnya, cari service yang bernama “Error Reporting Service”.
  6. System Configuration Utility
  7. Setelah itu, hilangkan tanda cek (rumput) di depan service tersebut.

  8. Klik tombol OK untuk menutup jendela System Configuration Utility dan menyimpan konfigurasi.

  9. Restart komputer Anda agar perubahan tadi berpengaruh terhadap sistem operasi Anda.
Semuanya telah selesai. Kini apabila nanti terjadi kesalahan (error) pada sebuah aplikasi yang Anda jalankan di komputer Anda, jendela ini tidak akan muncul lagi. Apabila Anda ingin mengaktifkannya lagi, Anda ikuti saja langkah-langkah di atas tadi dan berikan kembali tanda cek di depan service dari Error Reporting Service.
Demikian tips singkat untuk mematikan fitur error reporting service pada Windows XP. Semoag bermanfaat dan selamat mencoba!

No comments: